Tuesday, February 24, 2015

Batu cincin pemimpin indonesia

Cincin SBY
Cincin SBY
Eforia batu cincin juga menyasar ke kalangan politisi, pengusaha dan pejabat. Bahkan, jauh sebelum heboh batu, para pendiri negeri ini sudah memakainya sebagai hiasan di tangan.
Dari penelusuran Nonstop, beberapa Presiden yang hobi memakai cincin berhias batu adalah, Soeharto, Gus Dur, Megawati dan SBY. Soeharto misalnya terungkap memakai batu jenis Kalimaya, Banten.
Penguasa orde baru ini sering memakai batu di acara-acara formal kenegaraan. Dia juga pernah terlihat memakai merah delima atau bahasa latinnya Rubi yang artinya merah.
Begitu juga dengan Gus Dur. Di jarinya pernah terekam kamera dengan memakai batu yang mirip dengan Bacan serta zamrud hijau. Batu yang berasal dari Maluku itu sedang diburu masyarakat. Sedangkan, Megawati memakai batu black opal (BO) dari Banten dan Black Safir.
Hobi Megawati ini kabarnya mengikuti jejak ayahnya, Soekarno. Presiden RI-1 itu disebut-sebut memang hobi pakai batu jenis BO dan Rubi. Biasanya Bung Karno memakai batu di jari manis jika ada berkunjung ke negara sehabat.
Saat berdialog itulah Bung Karno sering menunjukkan hasil kekayaan Indonesia. Bung Karno juga tidak segan-segan memberikan batunya kepada kepala negara yang memang berminat.
Menurut pecinta batu, Yudi Ahmadi, batu cincin bukan hanya sebagai penghias. Tapi, juga bisa membawa hoki atau charisma bagi pemakainya. “Bagi yang percaya bisa membawa hoki jika memakai batu. Setiap batu punya keunikan sendiri-sendiri,” tegasnya.
Dia mencontohkan, batu Kalimaya dan BO yang berasal dari Banten misalnya bisa membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Pasalnya, Kalimaya dianggap memiliki semua keistimewaan di setiap batu permata yang diwakili oleh aneka warna yang terdapat pada batu.
Sedangkan, Bacan dari Maluku Utara dari Desa Doko dan Palamea secara mistis bisa membawa aura dan keperkasaan bagi para pemakainya. “Bacan kini jadi primadona dan banyak diburu kolektor batu dari Indonesia maupun luar negeri. Jadi, harganya tinggi,” ujar pria asal Cibubur, Jaktim ini.
Sementara SBY pernah terekam memakai batu biduri kucing atau popular dengan sebutan Cat’s Eye. Bahkan tersiar kabar, Presiden Amerika Serikat Barack Obama memakai batu akik lumut Sungai Dareh atau giok Sumatera di jari manis kanannya.
SBY juga disebut-sebut pernah memberikan batu bacan sebagai kenang-kenangan kepada Brack Obama. “Kabarnya batu Bacan itu dipakai Obama hingga banyak orang kaya dunia mencarinya. Jadi, kini batu Bacan jadi mahal,” terang Budi, pecinta batu Bacan di Pasar Batu Rawa Bening.(***)

No comments:

Post a Comment