Tuesday, February 24, 2015

Batu-batu indonesia diburu didunia

Pemimpin Dunia Buru Batu Akik Indonesia
03 Januari 2015Metroterkini.com - Para raja China di masa lalu memakai batu giok sebagai perhiasan dan untuk menambah kewibawaannya. Ada juga yang meminum bubuknya untuk kesehatan karena giok kaya akan mineral. Di Indonesia semua Presiden Indonesia adalah pemakai batu cincin. Mulai dari Presiden Soekarno sampai Presiden keenam Indonesia Presiden SBY.
Demam memakai batu cincin tidak hanya melanda Indonesia tapi juga para petinggi negara negara di berbagai belahan dunia. Sebut saja Pangeran Charles dari Kerajaan Inggris yang memakai batu cincin panca warna serta Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang jatuh cinta pada batu Bacan. Istimewanya, kedua orang pemimpin negara tersebut menggunakan batu cincin yang berasal dari alam Indonesia.
Batu panca warna yang dipakai Pangeran Charles berasal dari Garut, Provinsi Jawa Barat yang disebut batu akik edong. Sedangkan batu yang dipakai Barack Obama batu Bacan yang berasal dari Halmahera. Selain itu, batu Kalimaya Black Opal yang sering dijadikan mahar dalam sebuah perkawinan di Jepang, juga berasal dari Indonesia tepatnya dari Banten, Jawa Barat.
Menurut beberapa sumber, batuan mulia dari Indonesia sudah sangat dikenal di berbagai belahan dunia. Kwalitasnya juga tak kalah dengan jenis batu dari manca negara seperti giok, safir dan diamond. Bahkan ada batu giok yang berasal dari Aceh.
Perintis majalah Indonesia Gemstone (IGS) Suwandi, sebagaimana diberitakan situs tersebut menjelaskan bahwa pengguna batu mulia di Indonesia terbanyak di dunia setelah Tiongkok. Sekitar 12 juta orang. Ia berharap batu mulia di Indonesia bakal menjadi industri kreatif yang bernilai tinggi. (Baca: Ini 10 Jenis Batu Termahal dan Langka di Dunia)
Untuk mencari tahu lebih banyak mengenai jejak keberadaan batu mulia di Indonesia, tak jarang IGS membuat ekspedisi-ekspedisi ke sejumlah daerah. Majalah tersebut pernah membuat ekspedisi untuk berburu Kristal Lumut Aceh (idocrase) dan giok Aceh atau nefrit jade.
Pasaran batu permata asal Indonesia tak bisa dipandang sebelah mata. Batu jenis Dragon Agate misalnya dijual US$ 250 ribu. Btu Gartut Ohen seberat 1 kilogram dihargai Rp 800 juta. Batu Sun Go Kong di kisaran Rp 1 miliar, sama seperti harga batu quartz Fosil Kapal.
Kalangan pencinta batu mulia (gemslover), mulai dari kolektor, perajin, dan pedagang berharap pemerintah mengeluarkan regulasi untuk melindungi kekayaan batu mulia Indonesia.[pbt]

No comments:

Post a Comment